.

Mencari Ilmu Sampai ke Negeri Belanda

Oleh: Tito Erland S

Serpihan-serpihan ilmu memang begitu mengagumkan. Lewat ilmu kita dapat mengetahui sistem radiasi perpindahan kalor dari matahari menuju bumi. Lewat ilmu pula kita dapat mengetahui gaya tarik antara molekul-molekul penyusun zat padat yang sangat kuat sehingga mereka selalu bergetar pada posisi yang sama dan tetap berada dalam satu kesatuan. Lewat ilmu kita dapat mengetahui beragam persoalan di dunia ini dan cara pemecahannya.

Begitu bermanfaatnya ilmu, sehingga tak heran jika banyak orang melalang buana mencarinya. Mereka rela menempuh jarak beratus-beratus kilometer demi menghilangkan dahaga akan ilmu.

Salah satu negara tujuan masyarakat dunia dalam menuntut ilmu adalah Belanda. Belanda adalah sebuah negeri indah yang terletak di Eropa bagian barat laut. Salah satu keindahannya terpancar pada Amsterdam Canal, suatu tempat yang memukau dimana kita dapat menikmati indahnya kemilau lampu di sepanjang kanal tersebut pada malam hari.

Negara Belanda dibagi kepada dua bagian utama oleh sungai Rhine (Rijn), Waal, dan Maas. Secara administratif, Belanda dibagi dalam 12 provinsi yaitu Friesland/Fryslân, Drenthe, Overijssel, Flevoland, Gelderland, Utrecht, Noord-Holland, Zuid-Holland, Zeeland, Noord-Brabant, Limburg, dan Groningen.

Dalam bidang pendidikan, sistem pendidikan di Belanda tersedia dua jenis pendidikan tinggi reguler yang utama yaitu universitas dan University of Applied Sciences. Universitas melatih para mahasiswanya untuk menggunakan ilmunya secara mandiri. Sementara University of Applied Sciences, atau yang dikenal pula dengan sebutan Hogeschool, lebih berorientasi ke praktek; para mahasiswa langsung diarahkan untuk meraih jenjang karir di bidangnya. Belanda juga memiliki lembaga Institut Pendidikan Internasional yang sudah sejak lama menawarkan program-program yang dirancang khusus bagi mahasiswa asing.

Untuk dapat menempuh studi di Belanda, kita tak harus memiliki kemahiran berbahasa Belanda. Hal tersebut dimungkinkan karena pendidikan tinggi Belanda menyediakan lebih dari 1400 program studi internasional yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan tentunya menjadikan studi di Belanda menjadi lebih mudah untuk dijalani, terutama para peminat yang berasal dari Indonesia yang umumnya lebih familiar dengan Bahasa Inggris dibandingkan dengan Bahasa Belanda.

Salah satu keuntungan dari menempuh studi di Belanda adalah mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan mahasiswa lainnya dari berbagai belahan dunia. Hal ini terjadi karena mahasiswa asing yang menempuh studi di Belanda berasal dari 55 negara. Indonesia sendiri pada tahun 2007/2008 “menghantarkan” 1.450 mahasiswanya untuk menempuh studi di Belanda.

Berinteraksi langsung dengan berbagai mahasiswa asing dari berbagai negara secara otomatis menghantarkan mahasiswa ke tengah-tengah komunitas global. Keberadaan di tengah-tengah komunitas global dapat membuat mahasiswa mengenal karakter dan budaya bangsa lain. Budaya Jerman, Perancis, China, dan negara lainnya dapat dipelajari tanpa perlu jauh-jauh melalang buana ke negara-negara tersebut, cukup dengan menjalani studi di Belanda.

Sebaliknya, mahasiswa asal Indonesia pun dapat memperkenalkan kekayaan budayanya kepada mahasiswa asing. Informasi tentang keragaman budaya yang di berikan pada akhirnya dapat berefek domino pada keinginan mereka untuk berkunjung ke Indonesia. Hal demikian tentu merupakan keuntungan tersendiri bagi Indonesia karena dapat menambah devisa negara.

Hal lain yang dapat dipetik oleh mahasiswa Indonesia dengan keberadaannya di tengah-tengah komunitas global adalah mahasiswa Indonesia dapat mengetahui solusi dari permasalahan sosial serta permasalahan ekonomi (misalkan: kemiskinan, pengangguran) dari mahasiswa asing. Hal tersebut dimungkinkan karena mahasiswa Indonesia dapat memperoleh informasi dari mahasiswa asing mengenai pengalaman mengatasi permasalahan sosial serta permasalahan ekonomi yang pernah dilakukan oleh negara lain. Ke depan, informasi tersebut dapat berguna dalam mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi bangsa ini.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa studi ke Belanda adalah sesuatu yang menguntungkan. Selain kita dapat menjalin relasi dengan banyak orang dalam komunitas global, kita juga dapat memetik keuntungan yang kelak dapat berguna bagi bangsa ini dari keberadaan kita dalam komunitas global tersebut.

Sumber bacaan:

Http://www.gurumuda.com/, diakses tanggal 27 April 2009 Http://id.wikipedia.org/wiki/belanda, diakses tanggal 27 April 2009

http://www.nesoindonesia.com/, diakses tanggal 27 April 2009

Sumber gambar:

http://point-oh.com/wp-content/uploads/2007/10/amsterdam_canal450.jpg

0 komentar: